Notification

×
Link Bisnis All Right Reserved - Published By Mahesaweb

Iklan


ADVERTISEMENT

Iklan cv


ADVERTISEMENT

Tag Terpopuler

Peningkatan Kapasitas LPKSM, Kementerian Perdagangan Gelar Bimtek di Bandung untuk Hadapi Era Digital

5/16/2024 | 22:43 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-16T15:43:47Z

 

Bandung | Linkbisnis.co.id - Direktorat Pemberdayaan Pemberdayaan Konsumen, Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia menggelar Bimbingan Teknis bagi anggota Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) se-Jawa Barat, Banten dan Jakarta di Hotel Aryaduta Bandung, Kamis (16/5/2024).

Acara tersebut dibuka oleh Direktur Pemberdayaan Konsumen Ir. Chandrini Mestika Dewi M.Si., dan diikuti oleh 60 peserta anggota LPKSM.

Yang mengisi materi diantaranya adalah Dosen Fakultas Hukum Universitas Indonesia Dr. Henny Mariana, SH., MH., MLI., dan DR Albertus Usada SH., MH. yang dipandu oleh moderator Hariang Dede Taufik, S.S., dan DR. Firman Tumantara Endipraja, SH., S.Sos., M.Hum.
Direktur Pemberdayaan Konsumen memaparkan bahwa Bimtek ini tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas bagi anggota LPKSM agar dapat memberikan perlindungan kepada konsumen.

"LPKSM merupakan salah satu lembaga yang diamanatkan oleh Undang-undang Perlindungan Konsumen. Tugas LPKSM sangat strategis maka SDM perlu ditingkatkan," ungkapnya.

"Tantangan ekonomi digital semakin kompleks dan tinggi. Perdagangan Indonesia dan global sudah semakin terbuka, yang akhirnya mudahnya barang luar negeri dapat masuk ke Indonesia dan masyarakat Indonesia juga semakin mudah mendapatkan barang dari luar negeri," tutur Chandrini Mestika.

Chandrini juga mengungkapkan bahwa potensi permasalahan dapat timbul diantaranya karena perilaku konsumtif masyarakat yang kurang memperhatikan hal-hal yang seharusnya diperhatikan sebelum melakukan transaksi. 

"Suatu kewajiban bagi pemerintah untuk mengantisipasi segala permasalahan yang berpotensi timbul sebagai akibat dari beredarnya barang dan jasa yang dapat merugikan konsumen," ungkapnya.

Chandrini berpesan kepada para peserta untuk memanfaatkan Bimtek kali ini dengan baik.

"Manfaatkan kesempatan ini dengan baik yang akan disampaikan oleh narasumber ahli," pungkasnya.

(Mus)

×
Berita Terbaru Update