Notification

×
Link Bisnis All Right Reserved - Published By Mahesaweb

Iklan


ADVERTISEMENT

Iklan cv


ADVERTISEMENT

Tag Terpopuler

Kinerja PSM Tanjungpura Dinilai Lamban Bantu Pasien

9/08/2021 | 19:38 WIB | 0 Views Last Updated 2021-09-08T13:29:08Z

Rahmat Santoso, LPKSM LINKAR 

Karawang l linkbisnis.co.id

Kinerja Pekerja Sosial Masyarakat [PSM] Kelurahan Tanjungpura, Karawang Barat lamban dalam membantu warga/pasien yang membutuhkan perawatan segera.


Hal itu sangat disesalkan oleh Rahmat Santoso dari Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat [LKSM] Linkar 


Akibat kurang tanggapnya dalam mengurus pasien kurang mampu, yang sangat membutuhkan perawatan medis. 

Rahmat Santoso dari LPKSM Linkar, turun langsung ke Dinas Kesehatan Karawang meminta surat jaminan perawatan yang diminta oleh pihak rumah sakit 


"Kemarin dirinya sempat membantu warga yang menjadi korban tertembak senapan angin oleh keluarganya sendiri, benama Awa [53]." ujarnya


Saat dibawa ke RS Bayukarta oleh petugas PSM, tenyata pasien harus dirujuk ke RSUD Karawang. Namun pasien yang harus segera mendapatkan pertolongan medis itu tidak bisa menggunakan layanan Kartu Indonesia Sehat [KIS], karena pihak rumah sakit menganggap korban tertembak akibat kelalaian.


Lantas setelah mendapatkan jawaban itu, kata Rahmat, petugas PSM tekesan menyerah begitu saja. Seharusnya, kata Rahmat petugas PSM melakukan upaya lain untuk membantu warganya yang sedang membutuhkan.


Setelah itu, Rahmat yang mendapatkan pengaduan dari pihak RT langsung begerak koordinasi dengan Dinas Kesehatan Karawang. Hasil koordinasi itu, kata Rahmat, akhirnya pasien bisa dibantu oleh bantuan program Karawang Sehat.


“Cuma ada prosedur yang harus ditempuh seperti membuat SKTM,” ujar Rahmat.


Namun tenyata dirinya mendapatkan kendala lain karena SKTM tidak bisa langsung aktif untuk digunakan. Akibatnya pasien yang harus segera dioperasi harus kembali tetunda.


“Kesiapan PSM mendampingi pasien rujukan kurang sigap. Harusnya petugas PSM 24 jam bilamana dibutuhkan masyarakat penerima jaminan kesehatan baik itu KIS, Karawang Sehat dan lain-lain harus siap mendampingi, karena keterkaitan dengan kesembuhan pasien,” tandasnya.


Sementara itu petugas PSM Kelurahan Tanjungpura, Opan membantah kurang siga dalam membantu pasien. Kata dia, pihaknya sudah beupaya maksimal membantu korban bahkan mengurus semua data yang dibutuhkan.


“Bukan memperlambat atau tidak diurus saya ada kunjungan dari kemensos dan tim dari jakarta soal pembagian ke e-warung padahal persyaratann mah saya yang bikin,” ujarnya di kutip dari pjokjabar.com Rabu [8/9/2021]



By : Juned 

×
Berita Terbaru Update