Notification

×
Link Bisnis All Right Reserved - Published By Mahesaweb

Iklan


ADVERTISEMENT

Iklan cv


ADVERTISEMENT

Tag Terpopuler

Askun: Pemkab Karawang Harus Tanggungjawab Penyertaan Modal LKM

7/06/2021 | 16:49 WIB | 0 Views Last Updated 2021-07-06T09:49:03Z


Karawang
l linkbisnis.co.id - Pratiksi hukum Karawang Asep Agustian, SH.,MH., angkat bicara soal uang miliaran rupiah yang dikelola oleh Lembaga Keuangan Mikro [LKM] Badan Usaha Milik Daerah [BUMD] Pemkab Karawang, yang diduga tidak jelas pengelolaannya, uang sebesar Rp.12,5 miliar belum dipertanggujawabkan oleh pihak pengurus. 


Menurut Askun panggilan akrab Asep Agustian, bahwa aparat Pemkab Karawang yang bertanggungjawab terhadap keberadaan LKM saling melempar tanggungjawab saat dimintai keterangan oleh beberapa awak media.


Dimana keberadaan LKM saat ini bukan saja buruk, tapi sudah busuk, kalau busuk udah gak ada yang bisa dimakan,” ucapnya. Kerugiannya sendiri tak pernah jelaskan karena kerugian bisnis, atau ada faktor lain. 

Ketidakjelasan itu mengundang pertanyaan masyarakat, hal wajar jika masyarakat pada akhirnya mencurigai adanya ketidakberesan dalam tubuh PT LKM.


Ironisnya Pemkab Karawang yang ujug-ujug membuka penjaringan direksi baru LKM. Pemkab Karawang sama sekali tidak memberikan contoh yang baik kepada publik.

“Tolonglan berikan contoh-contoh yang baik. Semua mekanisme secara administrasi harus ditempuh. Pertanggungjawab yang kemarin gimana? Terus yang baru suruh tanggung jawab?,” katanya. 


Untuk diketahui, penyertaan modal Pemkab Karawang total sebesar Rp12,6 miliar kepada LKM hanya menghasilkan kredit macet hingga NPL mencapai diatas 5%. Seharusnya Pemkab Karawang melakukan audit independen, karena kerugian negara ditaksir mencapai Rp 5, 2 miliar.


By : Tanto 

×
Berita Terbaru Update