Notification

×
Link Bisnis All Right Reserved - Published By Mahesaweb

Iklan


ADVERTISEMENT

Iklan cv


ADVERTISEMENT

Tag Terpopuler

Peran Pajak Terhadap Pembangunan dan Perekonomian Negara

5/19/2021 | 14:48 WIB | 0 Views Last Updated 2021-05-19T07:59:43Z


Linkbisnis.co.id
- Pajak adalah iuran yang wajib dibayarkan oleh rakyat kepada negara tanpa imbalan secara langsung, dan dipergunakan untuk kepentingan masyarakat umum maupun pemerintah.


Persentase Wajib Pajak tergolong sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah seluruh penduduk yang ada di Indonesia, sedangkan penerimaan pajak pun mengalami peningkatan drastis baik dalam nominal maupun persentase.


Hal ini pun dapat menjadi bukti bahwa kesadaran masyarakat untuk membayar pajak terbilang masih sangat rendah. Padahal pajak memiliki peran yang krusial bagi negara, terlebih dari segi pembangunan dan perekonomian.


Fasilitas Umum dan Infrastruktur

Salah satu penggunaan pajak adalah untuk fasilitas umum dan juga infrastruktur, contohnya jembatan, jalan, rumah sakit, sekolah, dan lain sebagainya. Pembangunan infrastruktur yang tinggi dapat mempercepat pembangunan negara, karena infrastruktur yang memadai dapat berpengaruh pada iklim investasi di Indonesia.


Karena tak dapat dipungkiri banyak investor asing yang merasa ragu dan khawatir untuk berinvestasi di Indonesia, entah karena fasilitas infrastruktur yang kurang memadai, biaya transportasi yang tinggi, pasokan listrik yang tidak tentu, dan lain sebagainya.



Pengeluaran Negara

Peran pajak sangat besar bagi negara, karena salah satunya adalah untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran negara. Pengeluaran negara yang dimaksud adalah:


Pengeluaran negara bersifat self liquiditing, misalnya pengeluaran yang digunakan untuk proyek produktif barang ekspor.

Pengeluaran negara reproduktif, yakni pengeluaran yang memberikan keuntungan ekonomis bagi masyarakat misalnya pengeluaran untuk pertanian atau pengairan.

Pengeluaran negara bersifat tidak produktif, misalnya pengeluaran untuk membiayai pertahanan negara serta pengeluaran yang ditujukan untuk penghematan di masa mendatang yakni pengeluaran bagi anak yatim piatu.

Pengeluaran negara bersifat tidak reproduktif dan tidak self liquiditing, misalnya pengeluaran untuk pembangunan objek rekreasi, pendirian monumen, dan lain-lain.


Manfaat Pajak Bagi Masyarakat

Tak hanya bagi negara, tanpa disadari masyarakat pun dapat merasakan berbagai manfaat dari pajak. Mulai dari merasakan manfaat pembangunan fasilitas umum dan infrastruktur, subsidi pangan serta bahan bakar minyak, pertahanan dan juga keamanan, pengembangan alat transportasi umum, kelestarian budaya dan lingkungan hidup, dan masih banyak lagi manfaat pajak lainnya.


Rupanya pajak memiliki peranan besar bagi pembangunan dan juga perekonomian negara. Sebagai masyarakat yang baik dan taat, ada baiknya untuk turut menjaga fasilitas yang telah disediakan pemerintah dan juga tak lupa untuk taat membayar pajak.



Sumber: Intac.or.id

×
Berita Terbaru Update