Notification

×
Link Bisnis All Right Reserved - Published By Mahesaweb

Iklan


ADVERTISEMENT

Iklan cv


ADVERTISEMENT

Tag Terpopuler

Ironis, Disperindag Karawang Tidak Punya Data Export

12/09/2019 | 12:28 WIB | 0 Views Last Updated 2019-12-09T12:31:17Z
Gedung Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karawang 

Linkbisnis.co.id - Karawang | Perusahaan bersekala internasional sangat banyak yang berada di Kabupaten Karawang. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri tapi juga untuk memenuhi kebutuhan eksport.

Berbagai produk yang dibuat oleh pabrik yang dikirim keberbagai negara mulai dari komponen otomotif, elektronik ataupun garment tentunya terdata oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karawang.

Certificate Of Origin (COO) atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Surat Keterangan Asal (SKA) merupakan suatu dokumen yang fungsinya sebagai “surat keterangan” yang menyatakan asal barang yang diekspor (atau diimpor).  Selain itu SKA juga berfungsi sebagai dokumen yang menerangkan bahwa barang ekspor tersebut benar-benar dihasilkan atau diolah di negara asal yang disebutkan di dalamnya.

Namun anehnya Disperindag Kabupaten Karawang sama sekali tidak mempunyai data eksport atau pengiriman barang ke luar negeri yang dihasilkan oleh pabrik-pabrik.

Kepala Seksi Perdagangan Luar Negeri, Ibu Susi ketika dikonfirmasi mengatakan "kami (Disperindag) tidak mempunyai data barang yang diekspor, yang punya itu kementrian", ungkap Susi.

Kasi mengarahkan awak media linkbisnis.co.id untuk bertanya ke stafnya, "coba tanya ke kang Soleh", kata Susi.

Menurut Soleh selaku staf pengelola Surat Keterangan Asal (SKA) seksi perdagangan luar negeri, Soleh mengatakan "kami belum punya datanya karena datanya ada dikementrian, kami sudah minta namun belum dikasih", ungkap Soleh.

Masih dari keterangan Soleh, "yang paling banyak di ekspor merupakan produk komponen otomotif sedangkan negara yang paling banyak pengirimannya adalah negara-negara Asean, tapi kami juga tidak punya data berapa jumlahnya. Yang lebih tau Bea Cukai", papar Soleh. | (mus)
×
Berita Terbaru Update