Notification

×
Link Bisnis All Right Reserved - Published By Mahesaweb

Iklan


ADVERTISEMENT

Iklan cv


ADVERTISEMENT

Tag Terpopuler

Penyelenggara Penerbangan Diminta Tak Mainkan Slot Time

12/24/2017 | 21:31 WIB | 0 Views Last Updated 2017-12-24T14:31:32Z
Jakarta I linkbisnis.co.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso meminta para penyelenggara penerbangan beroperasi sesuai aturan yang berlaku. “Termasuk dalam soal slot time penerbangan,” katanya di Bandara Soekarno – Hatta, Cengkareng, Tangerang, Minggu (24/12) siang.

Permintaan itu disampaikan berkaitan dengan banyaknya maskapai yang meminta penerbangan tambahan. Namun, Agus menginstruksikan agar penyebaran slot penerbangan ekstra tersebut tidak melebihi aturan slot bandara.

Di Bandara Soekarno Hatta ini, maksimal slot yang bisa diberikan adalah 81 pergerakan per jam. Pada hari-hari biasa dilayani rata-rata 76 pergerakan. Sementara itu tiap hari ada permintaan 139 extra flight.

Jika maskapai minta tambahan di jam-jam sibuk, tentu tidak semuanya bisa dipenuhi. "Walaupun ada banyak permintaan extra flight, jika slotnya sudah habis maka saya instruksikan untuk tidak memaksa yang bisa menurunkan margin of safety.”

“Saya sarankan maskapai untuk tidak memaksakan terbang ekstra di jam sibuk, mereka harus mau memakai jam-jam yang tidak sibuk. Hal ini untuk menjaga keselamatan penerbangan," ujar Agus.

Agus juga menjelaskan bahwa pengelolaan slot time di bandara dilaksanakan transparan. Sudah ada pacta integritas antara BUMN pengelola slot yang tergabung dalam Indonesia Slottime Management (IASM).

Pelayanan slot time juga dilakukan secara online yang bisa diakses semua orang."Jajaran koordinator (board) IASM juga terdiri banyak orang sehingga bisa saling kontrol,” katanya.

Bahkan Agus sudah meminta Direktorat Pencegahan dari KPK untuk mengawasi pelaksanaan pengelolaan slot time ini. “Semua itu untuk menjaga transparansi pengelolaan slot time di Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya, Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia memastikan slot time berlangsung transparan.

"Ini semua online, real time serta transparan, setiap maskapai secara bersamaan bisa melihat dan mengakses pada tampilan yang sama,” ujar Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia, Didiet KS Radityo, di Jakarta, Jumat (15/12).

“Sehingga setiap upaya kecurangan, jika ada, akan terlihat oleh lainnya. Ini merupakan komitmen AirNav untuk transparan dalam pengaturan slot dan meningkatkan layanan kepada seluruh pengguna jasa."



Sumber : BeritaSatu.com
×
Berita Terbaru Update