Notification

×
Link Bisnis All Right Reserved - Published By Mahesaweb

Iklan


ADVERTISEMENT

Iklan cv


ADVERTISEMENT

Tag Terpopuler

Kreasi cantik anyaman bambu bermotif dari Desa Waringin Karya

6/30/2017 | 20:13 WIB | 0 Views Last Updated 2017-06-30T13:13:59Z
Lemah Abang - Karawang. Desa Waringin Karya adalah sebuah desa yang berada di wilayah kecamatan Lemah Abang kabupaten Karawang. Kurang lebih15 km dari pusat kota Karawang. Di desa ini banyak di jumpai para pengrajin anyaman bambu, khususnya pengrajin anyaman bambu kasar. Pengrajin anyaman bambu kasar misalnya yang membuat anyaman bilik, topi petani, nampah, pengki dan lainnya. Pengrajin anyaman bambu ini masih banyak sampai sekarang. Ciri anyamannya menggunakan lembaran bambu yang lebar-lebar.

Sementara itu ada juga pengrajin anyaman bambu halus, yang menggunakan media anyaman bambu yang kecil atau ada juga sebesar lidi yang di anyam membentuk motif tertentu. Dengan anyaman bambu halus ini hasil anyaman lebih bervariasi lagi, misalnya membuat tempat tisu, packing produk, tempat parcel, tutup saji, kap lampu,tempat buah-buahan, bahkan bisa juga bilik bermotif dan masih banyak lagi. Hasil anyamannya terlihat lebih menarik , variatif dan eklusif.

Tim UKMKarawang.com menemui langsung Ketua Asosiasi Industri Kecil Kerajinan & Aneka (AIKA) Kabupaten Karawang di lokasi kampung pengrajin yaitu di Jl Lampean Sukaati , Dusun Telar Desa Waringin Karya Kecamatan Lemah Abang Kabupaten Karawang.


"Dengan adanya pengrajin anyaman halus ini, kami berharap bisa mengangkat pengrajin anyaman bambu di desa Waringin Karya ini. Juga meningkatkan penghasilan mereka, karena harga hasil anyaman bisa lebih mahal daripada anyaman kasar dengan bahan yang lebih sedikit", terang Pak Udin Supriatna sebagai Ketua sekaligus pengelola kampung pengrajin ini.

"Memang pengerjaan anyaman bambu halus ini lebih lama di banding anyaman bambu kasar. Dan tidak semua pengrajin anyaman bambu kasar bisa atau bersedia mengerjakan anyaman halus ini. Karena anyaman bambu halus ini memerlukan kecermatan dan ketelitian dalam membuat anyaman dasarnya. Biasanya ukuran anyaman dasar sekitar 40x50 cm. Untuk itu kita juga berbagi tugas masing-masing kelompok, ada yang membuat anyaman halus, ada yang membuat tempat dasar, ada juga yang khusus merakitnya. Dengan begitu masing-masing bisa berperan serta".

Bagaimana dengan pemasarannya?

"Biasannya kita mengikuti pameran-pameran yang di adakan pemerintah daerah dinas-dinas terkait dan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Karawang. Produk-produk kita juga bisa di lihat digallery kerajinan di kompleks Masjid Al-Jihad Karawang."

Berapa kisaran harga hasil kerajinan anyaman bambu ini?

"Kalau harga tergantung besar kecilnya barang kerajinan dan juga kerumitan pembuatannya. Tetapi kisaran harga antara 15.000 rupiah sampai ratusan ribu rupiah, biasanya itu harga satuan. Tetapi kalau melakukan pemesanan yang banyak, harganya bisa lebih bagus lagi."
×
Berita Terbaru Update